BENEWS | Polresta Barelang – Polresta Barelang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang humanis, transparan, dan akuntabel di Hotel Yello, Harbourbay Batu Ampar, Rabu (13/11/2024)

Forum yang dihadiri berbagai pejabat penting dan perwakilan dari berbagai sektor, seperti Kabagren Polresta Barelang AKP Sasmintoro, SH, MH, Kasat Intelkam Polresta Barelang Kompol Edi Buce, Kepala Bagian Tatalaksana Biro Organisasi Provinsi Kepulauan Riau Teuku Irvan, ST, MH, Analisis Kebijakan Ahli Muda Biro Organisasi Prov. Kepri Hazirwan, S.IP., M.Sc, perwakilan dari Polda Kepri, jajaran Kasium Polresta Barelang, Stakholder Yanlik, Tokoh Masyarakat dan perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Kabagren Polresta Barelang AKP Sasmintoro, SH, MH, mewakili Kapolresta Kombes Pol H. Ompusunggu, SIK, M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan FKP ini merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
“Setiap lembaga atau instansi yang melayani publik wajib melakukan survei kepuasan masyarakat serta mengadakan forum konsultasi publik sebagai upaya untuk mengevaluasi dan meningkatkan standar layanan,” ujarnya.
Penting melibatkan Masyarakat
Kabagren Polresta Barelang juga menambahkan bahwa pentingnya melibatkan masyarakat dalam proses peningkatan pelayanan sejalan dengan arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Forum Konsultasi Publik menjadi wadah yang efektif untuk dialog dan diskusi antara penyelenggara layanan dan masyarakat guna meningkatkan transparansi dan efektivitas.
“Harapannya, kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik. FKP bukan hanya sebagai ajang diskusi, tetapi juga sebagai sarana strategis untuk menyatukan visi dan misi dalam menciptakan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, profesional, dan berkeadilan,” tambahnya.
Kabagren Polresta Barelang AKP Sasmintoro, SH, MH, juga menekankan pemanfaatan teknologi digital dan evaluasi kebijakan yang berkesinambungan dalam mendukung responsivitas dan inovasi pelayanan publik. Dengan demikian, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintahan akan semakin meningkat, serta kebutuhan publik dapat terpenuhi dengan lebih baik. (***)
Photo :
Humas Polresta Barelang